Selasa, 08 Mei 2012

Road to Adelaide : Choosing The Airways

Berdasarkan pengalaman suami, ADS menyediakan tiket penerbangan bagi awardee nya. Biasanya mereka menggukana Qantas Airways dengan tanggal keberangkatan yang telah ditentukan. Namun, bagi keluarga, tidak ada yang menanggung biaya penerbangan mereka, sehingga kita harus mempersiapkan dana tersendiri untuk ini. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih maskapai penerbangan dahulu adalah sebagai berikut:
  1. Berapa lama waktu tempuh hingga ke Adelaide dari Jakarta. Rata-rata penerbangan membutuhkan waktu sekitar 7 jam. Karena tidak ada penerbangan langsung ke Adelaide dari Jakarta, mereka memerlukan waktu untuk singgah. Dengan demikian, saya juga mempertimbangkan waktu singgah mereka. Waktu singgah (transit) berkisar antara 1,5 jam sampai 5 jam tergantung maskapai penerbangan. Ada yang singgah di Bali seperti Virginia Airlines, ada yang di Kuala Lumpur seperti Malaysia Airlines, atau di Singapura (Singapore Airlines), dan di Sydney (Qantas). Namun ada pula yang transi di Melourne dan Perth.
  2. Waktu penerbangan juga menjadi pertimbangan saya. Kami sekeluarga menyukai penerbangan malam hari untuk penerbangan yang lebih dari 6 jam. Ini memunginkan anak-anak bisa tidur di pesawat dan tiba di tujuan pagi hari, sehingga lebih leluasa beradaptasi dengan kondisi beda waktu (jetlag).
  3. Biaya tentu saja menjadi bahan pertimbangan yang penting. Untuk penerbangan ke Adelaide, harga tiket biasanya terpengaruh pada season tertentu di Adelaide. Ketika saya berangkat ke Adelaide dulu, sekitar blan Mei, di Adelaide cuaca mulai dingin (autumn menjelang winter) sehingga banyak warga Adelaide yang justru berlibur ke tempat yang lebih hangat seperti Bali dan Thailand yang menjadi favorite tujuan wisata mereka. Dengan kondisi demikian, tiket penerbangan menuju Adelaide dari Jakarta lebih murah dibandingkan sebaliknya. Sebagai referensi, pada Mei 2010 harga tiket Jakarta-Adelaide rata-rata Rp.4,5 jt - Rp. 6,5 jt  per orang tergantung maskapai penerbangan yang dipilih. Untuk anak dibawah usia 2 tahun, kebanyakan maskapai memberikan diskon tertentu.
  4. Memilih maskapai penerbangan juga berkaitan dengan makanan selama di perjalanan. Bagi kami yang muslim, kami lebih nyaman memilih maskapai yang jelas menyediakan makanan halal misanya Malaysia Airlines dan Garuda Indonesia.
  5. Urusan custom (pemeriksaan di Bea Cukai setempat, baik ditujuan maupun di tempat transit). Saya memilih maskapai yang transit bukan di salah satu kota di Australia. Mengapa? karena saya nggak mau direpotkan urusan pemeriksaan custom ^^. Jika kita transit di Melobourne atau Sydney, kita terpaksa membongkar barang bawaan yang banyak itu (maklumlah kan pindahan jatuhnya..:p) untuk pemeriksaan. Setelah itu kita mesti mengurus bagasi kembali untuk melanjutkan perjalanan ke Adelaide. Jika kita transit di negara lain yang belum termasuk wilayah Australia, kita terhindar dari kerepotan ini.

Untuk bahan pertimbangan terkait barang bawaan yang akan dibawa ke Adelaide bisa dilihat disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar