Sabtu, 05 Mei 2012

Road to Adelaide : Kid's Stuff - Primary School Matter

Apa saja keperluan terkait anak-anak usia primary school yang mesti dipersiapkan?

  1. Untuk mendaftar ke primary school, kita tidak diminta dokumen yang macam-macam, semisal akte kelahiran anak atau rapor dari sekolahnya terdahulu di Indonesia.
  2. Sebelum bisa memulai sekolah di Australia, orang tua yang menjadi awardee ADS terlebih dahulu harus mendapat referensi dari DECS ( Department of Education and Children's Services). Surat pengantarnya dapat diperoleh dari universitas di Australia tempat orang tua terdaftar untuk melanjutkan studi. Tanpa surat keterangan dari DECS, anak-anak tidak bisa mendaftarkan diri di sekolah mereka. Jadi, ada baiknya sebelum anak-anak tiba di Australia, orang tua yang menerima bea siswa mengurus terlebih dulu kelengkapan ini. Untuk lebih jelas silakan pelajari disini.
  3. Saat mendaftar ke primary school orang tua hanya ditanya berapa usia anak, dan apakah pernah bersekolah sebelumnya, jika ya kelas berapa? That simple !! Lalu sekolah yang akan menentukan di kelas manakah anak kita layak ditempatkan. 
  4. Usia anak yang dapat diterima di primary school minimal adalah 5 th (kelas reception). Primary School di Australia menganut sistem term (triwulanan), dengan masa belajar per term kurang lebih 10 minggu.  Tahun ajaran baru di mulai di bulan Januari. Anak-anak dapat didaftarkan kapanpun selama usianya mencukupi. Pengalaman dengan anak saya yang kedua, ketika kami tiba di Adelaide pada Mei 2011, usianya belum genap 5 th, sehingga ia masih dirujuk untuk mendaftarkan diri di kindie. Sementara kakaknya, satu minggu setelah tibanya kami disini sudah langsung bersekolah, padahal saat ia mendaftar term kedua telah bersangsung kurang lebih 4 minggu. Untuk sang adik, saya tidak mendaftarkannya ke kindie, melainkan menunggu hingga usianya genap 5 th sebelum mendaftarkannya ke primary school. Selama menunggu tentu saja ia belajar di rumah melanjutkan homeschooling nya.
  5. Tidak ada tes masuk untuk sekolah. Orang tua cukup membawa surat pengantar dari DECS dan rekomendasi dari universitas yang menunjukkan bahwa orang tua adalah penerima bea siswa ADS. Bagi penerima bea siswa ADS, status mereka dipersamakan dengan permanent resident/resident Australia, sehingga biaya sekolah yang dibebankan kepada mereka pun sama yaitu sekitar AUD $ 256 per anak/ tahun, padahal biaya sekolah per tahunnya bagi anak-anak usia primary school sebenarnya adalah sekitar AUD$5.500 (tahun 2011). O ya, jika anak kita mendaftar tidak mulai term pertama, maka biayanya juga disesuaikan. Untuk anak-anak saya misalnya, pada saat mendaftar dulu, mereka langsung mengikuti term kedua, dengan biaya pendaftaran hanya AUD$186 saja. Biaya tersebut mencakup biaya peralatan dan perlengkapan belajar disekolah yang meliputi buku tulis, alat-alat tulis, pensil warna/spidol/crayon, alat dan perlengkapan untuk kelas art (tergantung plan per kelas/guru), dan akses pada komputer dan internet serta langganan program edukasi berbayar semisal mathletics. Untuk seragam sekolah, bisa diperoleh sekolah dengan biaya terpisah, namun diperbolehkan membeli sendiri di luar dengan syarat mengikuti ketentuan warna. Untuk anak-anak, saya membeli seragam mereka di supermarket saja dengan biaya yang lebih murah, misalnya untuk T-shirt saya beli $5 untuk 3 potong ^^, sedangkan celana panjang hanya dengan biaya $8 -$10, jauh lebih murah dibanding harga yang dipatok sekolah yang untuk T-shirt saja dikenakan $12,5 per potong. O ya, anak-anak saya juga tetap diperbolehkan mengenakan jilbabnya ke sekolah , Alhamdulillah..:), asalkan jilbabnya berwarna senada dan polos tanpa aksesori apapun. Syukurnya lagi, seragam sekolah disini hanya satu model untuk 5 hari sekolah.
  6.  Di Adelaide, anak-anak bersekolah di sekolah lokal (semacam rayon) yaitu sekolah-sekolah yang terletak di sekitar tempat tinggalnya. Biasanya ditentukan berdasarkan suburb tempat kita tinggal. Bagi siswa yang berasal dari negara non Australia tersedia primary school yang memiliki program pelatihan bahasa Inggris. Program tersebut bernama IELC (Intensive English Language Centre), informasi lengkapnya bisa dipelajari disini. Jadi jika sebelum berangkat anak-anak kita belum lancar berbahasa Inggris, tak perlu terlalu khawatir, mereka akan dapat mmelatih bahasa Inggrisnya melalui program ini. Namun, sayangnya tidak semua sekolah memiliki program dimaksud. Di Adelaide, salah satu primary school yang memiliki kelas IELC adalah Richmond Primary School. Bagi kami yang kebetulan tinggal tak jauh dari sekolah tersebut, menjadi keuntungan tersendiri. Banyak juga siswa internasional dari primary school yang lain, yang tidak memiliki IELC program yang terlebih dahulu mengambil pelajaran di Richmond PS sebelum kemudian kembali bersekolah di sekolah lokalnya ketika dinyatakan lulus dari program tersebut.
  7. Apabila kita memilih untuk tidak mengikutkan anak-anak pada program IELC pun tidak terlalu masalah sebenarnya. Banyak anak-anak Indonesia di Adelaide yang langsung masuk kelas mainstream dan dengan cepat beradaptasi dalam soal bahasa. Jadi kalau pun anak-anak tidak sempat kursus bahasa Inggris semasa di Indonesia, misalnya, itu sama sekali bukan masalah. Anak-anak jauh lebih cepat beradaptasi tinimbang orang tuanya, percayalah ^^.

2 komentar:

  1. Mbk Vivi, salam kenal. Boleh tanya2 ttg primary school?

    Rencananya October/November ini sy akan tinggal di Western Australia ikut suami yg native OZ. Saya ada anak bawaan dr perkawinan terdahulu yang akan saya sekolahkan dsana juga. November ini anak saya akan berusia 12 thn, sekolah di Indo sdh SD kelas 6.

    Pertanyaaan saya:
    Apakah swaktu mendaftar akan ditanyakan certifkat imunisasi/vaksin lengkap untuk anak tersebut?

    Terima kasih atas kesediaan Mbk Vivi menjawab pertanyaan saya tsb.

    Selamat menjalankan ibadah puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mbak Yanti,
      Semoga dimudahkan proses kepindahannya ke Oz ya ^^
      Pengalaman saya, untuk anak-anak diatas usia 5 tahun (pasca balita), sekolah tidak mempertanyakan lagi kelengkapan imunisasi yang pernah diterima di negara asal (bagi internasional student). Bila anak kita berusia 5 tahun atau kurang, syarat tersebut akan dimintakan oleh sekolah dan daycare/childcare.

      Hapus