Minggu, 06 Mei 2012

Road to Adelaide : OSHC

OSHC  ( Overseans Student  Heath Cover) adalah asuransi kesehatan yang menneydiakan biaya  penggantian  untuk perawatan di luar rumah sait, perawatan di rumah sakit, obat-obatan yang diresepkan oleh dokter serta biaya ambulan pada kondisi mendesak (emergency). Pada prinsipnya ADS teah mengcover preni OSHC bagi awardee nya. Namun premi tersebut hanya bagi si penerima beasiswa saja dan tidak termasuk dependant yang akan ikut mendampingi selama masa studi (jika ada).

Pengalaman keluarga kami, sebelum saya dan anak-anak berangkat ke Australia, suami sebagai awardee telah lebih dahulu mengupgrade statusOSHC dari single menjadi family. Di tahun 2010 premi untuk upgrade dari kategori  single  menjadi family memerlukan tambahan premi kurang lebih AUD$ 800, namun per bulan November 2011 terdapat kenaikan biaya upgrade, untuk mempelajari lebih lanjut tentang OSHC bisa dibaca disni.

Dengan OSHC, biaya perawatan kesehatan di klinik-klinik tertentu seperti University Health Unit dan Rumah Sakit Pemerintah dilayani secara gratis, kecuali disebutkan lain dalam polis. Perawatan semisal rawat jalan untuk sakit ringan termasuk obat-obatannya, imunisasi bagi anak-anak, konsultasi semasa masa kehamilan baik ke dokter maupun bidan termasuk tes-tes yag diperlukan (tes urine, tes darah, pap smear , USG) ditanggung atau mendapat penggantian dari OSHC.

Perawatan gigi bagi anak usia batita / preshoolers ( usia 1-5 th) gratis, usia primary school hanya dikenakan AUD$40/anak, untuk usia remaja dan dewasa terdapat skema berbeda dengan biaya lebih mahal, dan perlu diperhatikan khusus untuk perwatan gigi ini tidak ditanggung atau mendapat penggantian dari OSHC.

 Jadi sebelum keluarga berangkat, pastikan telah mengurus OSHC buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar