Selasa, 08 Mei 2012

Road to Adelaide : Seeking for an Apartement or House

Sebelum keluarga tiba di Adelaide untuk tinggal beberapa lama, awardee yang biasanya terlebih dahulu berangkat sebaiknya segera mencari tempat tinggal yang dapat ditempati oleh keluarga. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan:
  1. Biasanya para student  yang tiba di Adelaide, saat pertama kali tiba, mereka terlebih dahulu mencari tempat tinggal sementara. Jika sebelumnya mereka telah bergabung dengan PPIA (Persatuan Pelajar Indonesia Australia) ranting masing-masing universitas (di Adelaide terdapat beberapa ranting PPIA yaitu PPIA Unuiversity of Adelaide, PPIA Unisa, dan PPIA Flinders, serta satu PPIA cabang South Australia), mereka akan dibantu untuk mendapatkan tempat tinggal sementara oleh rekan-rekan pengurus PPIA. Mereka juga bisa minta bantuan universitas untuk mencarikan tempat tinggal sementara sebelum keberangkatan mereka ke Adelaide. Tempat tinggal sementara umumnya hanya bagi student dan bukan untuk keluarganya.
  2. Untuk keluarga dengan anak-anak yang masih kecil, masih memungkinkan tinggal di unit apartemen yang banyak disewakan di Adelaiade. Rentang harga yang umum disini berkisar antara AUD $ 200 - AUD $ 350 per minggu untuk apartemen dengan dua kamar. yang terletak tidak di pusat kota, namun masih masuk dalam wilayah Adelaide. Jika memilih tempat di pusat kota, minimal biaya sewa per minggunya bisa mencapai AUD$ 500 per kamar (seperti di pemondokkan mahasiswa di Adelaide City). Untuk harga rumah (biasanya terdiri dari 3 kamar) tentu lebih mahal lagi.
  3. Apartemen terdiri dari dua jenis, ada yang teah dilengkapi dengan perlengkapan rumah tangga standar/ fully furnished (lemari, tempat tidur, heater, AC, kompor/oven, meja makan, sofa, televisi) dan ada pula yang tidak. Tentu saja ini mempengaruhi harga sewanya. Perlu juga diingat bahwa harga sewa ini kebanyakan belum termasuk biaya listrik dan air, yang di Adelaide cukup mahal. Kebetulan apartemen yang saya tempati sekarang biaya sewa teah termasuk biaya air, sehingga program penghematan bisa di atur untuk biaya istrik saja :).
  4. Sewa menyewa unit apartemen/rumah biasanya melibatkan agen properti, untuk  referensi bisa dilihat disini Mereka yang mengatur unit mana yang bisa disewakan dan menghubungkan kita dengan para pemilik unit apartemen. Kebanyakan landlord / pemilik properti yang menyewakan unit apartemennya, mewajibkan calon penyewa untuk membayar deposit di muka minimal 4 kali harga sewa per minggu. Jadi, sebelumnya student yang hendak menyewa tempat tinggal untuk keluarganya agar menyiapkan dana tersendiri untuk ini. Deposit tersebut akan dikembalikan kepada penyewa diakhir masa sewa setelah dilakukan inspeksi oleh pemilik unit serta dipastikan tidak ada kerusakan pada unit yang disewakan.
  5. Dalam mencari tempat tingga untuk keluarga, penting dipertimbangkan mengenai letaknya yang dekat  minimal dengan  halte bus/trem (kemana-mana disini kita seringnya naik bus loh :P), sekolah, supermarket (disini nggak ada minimarket apalagi warung ^^), gas station, rumah sakit/klinik yang menerima OSHC, child care. Tempat tinggal sebaiknya dekat dengan sekolah, karena tidak semua sekolah menyediakan bus sekolah, jikapun ada hanya untuk program tertentu, sehingga orang tua harus mengantar dan menjemput sendiri anak-anaknya. Jika memungkinkan pilih tempat tinggal yang dapat menjangkau sekolah hanya dengan berjalan kaki, apalagi jika kita tidak bisa mengendarai kendaraan baik roda dua atau empat.
  6. Untuk menghemat biaya sewa per minggu, banyak teman-teman pelajar disini yang berbagi kamar dengan pelajar yang lain. Tapi ini memungkinkan jika ia hanya serang diri atau jikapun berkeluarga, biasanya mereka yang berbagi (sharing) tempat tinggal belum dikaruniai anak atau hanya memiliki satu anak saja.
  7. Jika memungkinkan, pilih tempat dimana banyak mahasiswa/pelajar Indonesia juga bermukim. Selain menciptakan lingkungan bagi anak-anak yang harus menjalani masa adaptasi, berada di tempat yang sama dengan teman-teman dari Indonesia terbukti lebih nyaman, paling tidak di saat kita mengalami kesulitan, kita akan merasa memiliki keluarga, biasanya sesama warga Indonesia sangat akrab dan saling membantu layaknya saudara. Banyak tempat di Adelaide yang dihuni oleh pelajar Indonesia seperti misalnya City Beach Apartment di Anzac Highway, Goodwood Apartment, Tonsley, atau Glynde Lodge di Payneham Rd. 
Jika urusan domestik di Adealaide telah beres, keluarga di Indonesia bisa segera menyusul deh, beberapa bahan pertimbangan sebelum berangkat bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar