Minggu, 13 Mei 2012

Road to Adelaide : Seeking a Part Time Job

Pelajar yang telah mendapat visa student termasuk dependant nya (suami/istri/pasangan) yang sama-sama memperoleh visa berkode 576 mempunyai hak untuk dapat bekerja maksimum selama 20 jam per minggu. 
Apa saja jenis pekerjaan yang lazim dilakukan para student asal Indonesia dan keluarganya di Adelaide ini? Jawabannya banyak..:D, dan biasanya informasi serta pekerjaan ini diperoleh dari sesama rekan asal Indonesia dan bisa diturunkan, jadi setibanya di Adelaide nanti rajin-rajinlah berkomunikasi dengan sesama orang Indonesia..:). 

Berikut beberapa jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan:
  • Berkebun, alias bekerja di perkebunan, mulai kebun strawbery, chery dan anggur (di musim panas), tomat, kentang dan daun bawang
  • Tenaga kebersihan alias cleaning service
  • Kurir pengantar pizza/makanan cepat saji (delivery service)
  • Pengantar junk mail 
  • Bekerja di pabrik, rumah pemotongan hewan, atau sebagai pekerja di toko 
Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan?
  1. Pastikan paspor dan visa kita masih berlaku.
  2. Minimum bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagian pekerjaan diperoleh melalui jasa agen tenaga kerja, kelengkapan yang lazim diminta antara lain adalah TFN (Tax File Number)  dan ABN (Australian Business Number). Untuk memperoleh TFN bisa mengajukan aplikasi disini dan untuk ABN bisa dengan mengajukan aplikasi disini.
  4. Sebagian pekerjaan membutuhkan mobilitas yang lumayan tinggi, seperti misalnya cleaning service atau kurir junk mail/ deivery service karena sering berpindah-pindah lokasi sehingga lebih mudah jika sebelum melamar pekerjaan  jenis ini kita menyiapkan kendaraan. Umumnya kendaraan yang digunakan adalah mobil pribadi, namun bisa juga kita menggunakan sepeda motor atau minimal sepeda onthel.
  5. Jika membawa anak-anak turut bermukim di Adelaide, mengingat jam kerja yang bervariasi sebaiknya juga dipikirkan untuk menyesuaikan dengan jadual sekolah anak-anak atau mencari tempat penitipan anak sementara kita meninggalkan mereka untuk bekerja.
  6. Bagi student yang lebih penting adalah menyesuaikan dengan jadual belajar, nggak lucu kan hanya karena keasyikan bekerja kuliah jadi terbengkalai ^^. 

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya.
    Saya baru berada di Canberra dan sedang mencari pekerjaan baik skill maupun non skill. Kalau saya melamar pekerjaan skill seperti engineer apakah perlu working permit sedangkan saya pemegang visa dependen.

    BalasHapus