Sabtu, 28 Desember 2013

Road to Adelaide : Tentang Childcare

Jika anak-anak kita masih berusia balita,  terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan sebelum mereka tiba di Australia, antara lain:
  1. Sangat penting untuk membawa daftar imunisasi yang telah mereka terima di Indonesia. Mintalah daftar tersebut pada rumah sakit atau dokter kita dengan format bebas namun diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Daftar ini berguna saat akan mendaftarkan anak-anak kita ke child care, kindie/kindy (Untuk mendaftar ke primary school, kita tidak diminta dokumen tersebut).
  2. Pelajari betul mengenai provider child care, day care, family care dan sejenisnya (untuk gambaran lengkapnya bisa dilihat disini). Terutama bagi orang tua awardee yang harus meninggalkan anak-anak balitanya untuk kuliah/bekerja part time. Sebagai gambaran dan bahan pertimbangan awal, biaya untuk menitipkan anak di child care di kampus University of Adelaide, untuk long day care biayanya adalah AUD $79 per hari (untuk usia 0-5 th), biaya termasuk nappies, makanan, dan Education & Development Programs. Jika mengambil program mingguan, biayanya AUD $ 390. Jadi, silakan dihitung-hitung soal biaya ini, apakah sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Terkait soal ini, awardee ADS dapat juga mengurus CCB (Child Care Benefit). Gambaran tentang CCB bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar